Inilah Tanda Awal Kehamilan Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah ciri-ciri serta tanda awal kehamilan mulai dari trisemester pertama hingga ketiga. Kehamilan merupakan sesuatu hal menakjubkan yang terjadi pada setiap wanita, karena dalam menjalani masa kehamilan seorang wanita akan mengalami berbagai perubahan mulai dari perubahan fisik hingga perubahan emosional.

Bagi setiap wanita, kehamilan merupakan sesuatu yang sangat dinanti-nantikan dan merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan. Tetapi banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil atau mengandung. Hal itu dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan atau informasi mengenai tanda awal kehamilan, khususnya bagi pasangan yang baru menikah.

Untuk itu bagi seorang wanita harus mengetahui dan mempelajari mengenai ciri ciri kehamilan, agar nantinya saat sedang memasuki tahap awal kehamilan, calon ibu akan lebih mengetahui dan lebih berhati-hati dalam menjaga perkembangan janin didalam tubuhnya.

Tanda awal kehamilan

Muntah karena hamil

Pada saat memasuki trimester pertama janin yang ada didalam kandungan masih dalam keadaan lemah dan dapat mengakibatkan keguguran, karena janin belum menempel dengan baik pada dinding rahim. Oleh karena itu bagi calon ibu agar lebih berhati-hati dalam menjaga janin yang dikandungnya.

Tanda Awal Kehamilan

Bagi para calon ibu pasti sudah pada penasaran bukan, apa saja tanda kehamilan pada trimester pertama. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat dalam artikel berikut ini.

Terlambatnya Siklus Menstruasi

Tanda awal kehamilan yang pertama adalah dengan terlambat datangnya siklus menstruasi bulanan, biasanya hal ini terjadi pada seorang wanita yang telah menikah atau wanita yang sudah pernah melakukan hubungan suami istri. Sahabat bisa mencoba dengan melakukan tes kehamilan, agar lebih mengetahui dengan pasti apakah sahabat sedang hamil atau tidak. Waktu yang tepat untuk melakukan tes adalah pada saat pagi hari bangun tidur.

Tubuh Jadi Mudah Lelah dan Mengantuk

Pada saat memasuki awal kehamilan seorang ibu akan merasa mudah lelah, dan akan mengalami perubahan pada pola tidur. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi. Sehingga tubuh akan bekerja sangat keras untuk memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi bagi janin. Seiring bertambahnya usia janin perut ibu akan semakin membesar sehingga akan membuat ibu menjadi mudah merasa lelah dan mengantuk.

Baca: Tips Sehat Saat Hamil

Sering Buang Air Kecil Termasuk Tanda Awal Kehamilan

Pada saat memasuki awal kehamilan, seorang ibu akan merasakan frekuensi buang air kecil lebih sering dari biasanya. Hal ini disebabkan karena rahim yang membesar akan menekan ke arah kandung kemih, dan biasanya air kecil akan berwarna keruh dan kental yang terjadi pada minggu pertama setelah pembuahan.

Payudara Mengalami Perubahan di Awal Kehamilan

Selain sering buang air kecil, sahabat akan merasakan perubahan pada payudara, seperti payudara akan terasa penuh, berat, nyeri saat ditekan, warna aerola yang semakin gelap dan payudara akan semakin bengkak dan terasa lebih lembut. Hal tersebut merupakan tanda orang hamil.

Mual dengan Maupun Tanpa Muntah

Tanda awal yang sering terjadi pada saat memasuki kehamilan adalah terjadinya rasa mual dengan atau tanpa muntah. Biasanya rasa mual terjadi pada saat janin memasuki usia 4 minggu hingga 8 minggu, atau bisa juga terjadi pada 2 minggu awal kehamilan.

Rasa mual ini disebabkan karena perubahan janin yang baru tumbuh sebagai benda asing didalam tubuh dan merupakan reaksi yang terjadi pada tubuh. Kebanyakan rasa mual terjadi pada saat pagi hari atau biasa disebut dengan Morning Sickness, tetapi rasa mual bisa juga terjadi pada siang hari ataupun pada malam hari.

Adanya Kontraksi Pada Rahim

Pada awal kehamilan sahabat akan merasakan kram pada perut rasanya sama seperti saat akan mendapatkan menstruasi. Tetapi sahabat tidak perlu merasa khawatir karena itu merupakan tanda awal kehamilan yang biasa terjadi pada seorang ibu.

Berkurangnya Nafsu Makan dan Mulai Ngidam

Pada saat memasuki trimester pertama, sahabat akan merasakan malas makan sehingga nafsu makan menjadi berkurang. Selain itu sahabat akan merasakan mual saat mencium bau yang menyengat seperti bau amis, bau masakan, dan sebagainya. Biasanya sahabat juga akan merasakan ngidam atau ingin makan sesuatu. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi didalam tubuh.

Nafas Terasa Pendek Termasuk Tanda Kehamilan

Biasanya sahabat akan merasa terengah-engah saat melakukan jalan kaki atau melakukan aktifitas. Hal ini terjadi akibat pertumbuhan janin didalam tubuh yang memerlukan oksigen, sehingga jatah oksigen pada tubuh sahabat menjadi berkurang. Jadi sahabat akan merasa napas sahabat menjadi lebih pendek, dan hal ini akan terus terjadi selama masa kehamilan.

Tags: