Cara Membuat Yoghurt Sendiri Mudah dan Praktis

Cara Membuat Yoghurt Sendiri – Pernah kepikiran gak untuk membuat yohgurt sendiri?. Pengen banget sih buat, tapi tidak tau cara membuatnya. Tak perlu khawatir karena kita akan membahas cara dan proses pembuatannya. Susah apa enggak ya membuatnya? hhmmm… sepertinya tidak telalu susah kok.

Buat anda yang mungkin belum paham apa itu yoghurt. Berikut penjelasan singkatnya. Yoghurt merupakan minuman hasil fermentasi susu sapi dengan kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Yoghurt memberikan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika dikonsumsi setiap hari secara rutin. Selain itu yoghurt juga dapat digunakan sebagai pengganti susu bagi sahabat yang mempunyai alergi terhadap susu.

Biasanya di pasaran yoghurt dijual dalam 2 macam, yaitu yoghurt plain (yoghurt tanpa rasa tambahan) dan drink yoghurt (yoghurt yang ditambahkan perasa).

Membuat yoghurt itu sebenarnya memang mudah sekali dan tidaklah sulit. Bahkan dalam proses pembuatannya cukup sederhana. Pasti sudah pada tidak sabar pengen membuatnya. Oke mari kita bahas langkah demi langkah cara membuatnya.

Cara Membuat Yoghurt

Cara membuat yoghurt

Bahan Membuat Yoghurt

  • 1 Liter susu sapi asli/ susu kambing juga bisa/ atau susu full cream cair
  • Plain Yohurt (Bibit yoghurt) 5% dari susu murni di atas. Bibit ini bisa di beli di supermarket atau toko.

Cara Pembuatan Yoghurt

  1. Panaskan susu sapi murni dengan api kecil sambil diaduk-aduk selama 30 menit, tetapi jangan dibiarkan hingga mendidih. Langkah ini bertujuan untuk menguapkan air sehingga tidak terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.
  2. Kemudian angkat solid yoghurt dan dinginkan hingga hangat kuku, setelah itu tambahkan bibit yoghurt sebanyak 2-5% dari jumlah yoghurt yang telah mengental tadi.
  3. Diamkan selama 24 jam dalam wadah yang tertutup rapat, agar menghasilkan rasa asam dan yoghurt yang kental. Semakin tinggi total solid yang terbentuk akan mendapatkan yoghurt dengan hasil yang semakin baik.
  4. Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan dengan sirup atau gula, bagi sahabat yang tidak suka dengan rasa yoghurt yang terlalu asam, atau bisa juga ditambahkan dengan rasa jeruk, stawberry atau dengan berbagai rasa lainya.
  5. Jika ingin menyimpan yoghurt dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya simpanlah yoghurt kedalam wadah kaca agar yoghurt dapat bertahan lama.

Bagaimana penerapan cara membuat yoghurt diatas ?. Pastinya sangat mudah dilakukan dan saya sakin anda pasti berhasil membuatnya. Mungkin kendala yang anda alami adalah mencari Plain Yoghurt alias bibit yohurtnya. Pastikan mencari di supermarket ternama atau toko perlengkapan kue. Semoga tips kita kali ini memberikan manfaat untuk anda. ^^

Tags: