Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Rontok

Cara merawat dan mengatasi rambut rontok. Siapa sih mau bermasalah dengan yang namanya rambut rontok ?. Hampir bisa dipastikan tidak seorangpun baik pria ataupun wanita rela mengalami rambutnya rontok. Masalah selanjutnya ketika didera rambut rontok adalah hilangnya rasa percaya diri si penderitanya.

Rambut yang mengalami kerontokan jika dibiarkan akan menjadi tipis dan volumenya menjadi berkurang. Namun jika tidak ditanggulangi semakin lama akan beresiko menjadi kebotakan. Namun itu bukan akhir dunia, buat anda memiliki masalah rambut rontok tidak perlu merasa khawatir. Karena kami akan berbagi tips cara merawat rambut rontok agar tidak rontok lagi.

Cara merawat rambut rontok

Ilustrasi rambut rontok

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok tidak hanya kerana kurangnya perawatan terhadap kulit kepala, tetapi rambut rontok juga bisa dikarenakan penyakit yang tengah diderita. Bisa juga dikarenakan pola makan sehari-hari yang tanpa disadari berdampak membuat rambut menjadi mudah rontok. Merawat rambut rontok bisa diatasi dengan berbagai cara, tetapi sebelum merawatnya kenali terlbih dahulu penyebab kerontokan rambut.

Berikut adalah penyebab kerontokan rambut:
  • Tidur dalam keadaan rambut terikat, sehingga me mbuatnya kusut dan mudah rontok.
  • Menyisir (secara kasar) rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah menjadi lebih rapuh dan mudah rontok saat disisir.
  • Menata rambut dengan pengering bersuhu terlalu panas, sehingga membuat lapisan terluar rambut rusak, mudah patah juga rontok.
  • Terlalu sering memberikan obat kimia ke rambut seperti obat pelurus rambut, pengeriting dan sebagainya, sehingga membut rambut semakin rapuh.
  • Memilih shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut.
  • Keramas dengan air terlalu panas sehingga merusak lapisan rambut dan membuatnya rapuh.

Cara Merawat Rambut Rontok

Bila anda mengalami kerontokan rambut cara mengatasinya adalah dengan langkah jitu. Anda harus segera menghentikan kebiasaan di atas. Sisirlah rambut sebelum tidur untuk mengurangi kekusutan pada saat bangun tidur pada pagi hari. Pilihlah shampo bayi bagi yang mempunyai rambut dan kulit kepala sensitif.

Jaga Pola Makan Agar Rambut Tidak Rontok

Kerontokan rambut juga bisa terjadi karena gizi yang tidak seimbang dalam tubuh. Sebab kerontokan yang paling umum adalah anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Untuk mengatasinya, perlu menyantap makanan yang mengandung zat besi untuk menyeimbangkan kadar sel darah merah.

Ikan dan sayuran hijau bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu vitamin C juga berfungsi mengasimilasi zat besi dalam tubuh. Anda disarankan menyantap aneka buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi dan sebagainya.

Hindari Stress Salah Satu Penyebab kerontokan

Hormon yang dilepas di dalam tubuh saat stres memengaruhi penyerapan vitamin B yang dibutuhkan untuk pigmentasi. Itulah mengapa tingkat stres tinggi membuat seseorang lebih cepat beruban.

Stres emosional juga dapat menyebabkan alopecia, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel rambut. Kondisi ini yang kemudian memicu rambut rontok. Selain relaksasi, asupan suplemen vitamin B kompleks juga baik.

Menormalkan Hormon Tiroid

Rambut rontok merupakan salah satu tanda terjadinya gangguan hormon tiroid. Terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid dalam tubuh mempengaruhi metabolisme dan siklus pertumbuhan rambut. Agar rambut kembali tumbuh dengan sehat adalah melakukan pijat kepala dan menutrisinya dengan protein setiap pagi.

Demikian beberapa hal bisa nda tempuh ketika bermasalah dengan rambut rontok. Lakukan treatment di atas secara teratur dan dengan telaten. Jika kerontokan tak kunjung berhenti ada baiknya mulai berkonsultasi dengan dokter spesialis. Semoga artikel cara merawat rambut rontok ini bermanfaat.

loading...
loading...