9 Tips Cara Merawat Rambut Wanita Berjilbab

Tips cara merawat rambut wanita berjilbab. Perawatan rambut untuk wanita berjilbab tentunya berbeda dengan mereka yang tidak berjilbab. Karena kondisi rambut yang tertutup jilbab biasanya lebih lembab kulit kepalanya. Jika tidak di perhatikan bisa saja mengalami gangguan ketombe, rambut mudah patah, dan gangguan rambut lainnya.

Sehingga bagi wanita berjilbab membutuhkan perawatan rambut yang ekstra. Sehingga rambut yang tertutup jilbab itu tetap sehat dan indah meski tak tampak. Bisa kebayang jika gangguan rambut dialami oleh mereka yang berjilbab, seumpama dilanda gatal pada kulit kepala maka akan sangat tersiksa sekali karena susah di garuk. Hal itu tentu saja sangat mengganggu.

Cara Merawat Rambut Wanita Berjilbab

Merawat rambut berjilbab

Namun anda tidak perlu terlalu khawatir karena kami akan memberikan beberapa tips perawatan rambut bagi wanita yang mengenakan jilbab.

Pastikan Rambut Dalam Kering Lebih Dulu

Ini sangat penting, sebaiknya anda mengeringkan rambut lebih dulu hingga benar-benar kering sebelum mengenakan jilbab. Karena jika anda memaksakan memakai jilbab ketika keadaan rambut masih basah akan menimbulkan masalah. Diantaranya adalah menimbulkan bau rambut yang tidak sedap, munculnya ketombe karena kulit kepala lembab, dan bisa juga memicu gatal pada kulit kepala. Maka setelah mengetahui info ini sebaiknay anda mengenakan jilbab ketika rambut sudah kering.

Rutin Mencuci Rambut dan Keramas

Masalah rambut bagi mereka yang berjibab sering juga disebabkan karena mereka kurang rutin mencuci rambut mereka. Padahal ketika rambut tertutup jilbab cenderung lebih asam karena terkena keringat. Sehingga endapan keringat ini jika di acuhkan saja patilah akan menimbulkan kemunculan ketombe.

Rawat Rambut Berjilbab Anda dengan Hair Tonic

Perawatan khusus memang diperlukan salah satunya adalah memberikan hair tonic. Pastikan saat anda sehabis keramas memberi kesegaran pada rambut dengan treatmen hair tonic. Sehingga rambut kembali mendapatkan kesegaran dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Hindari Mengikat Rambut Berjilbab Terlalu Kencang dan Saat Basah

Bagi anda yang memiliki rambut panjang dan menggunakan jilbab sebaiknya hindari mengikat rambut terlalu kencang. Karena jika terlalu kencang akan membuat rambut rusak dan mudah patah. Selain itu jangan pula mengikat rambut saat masih basah. Ini akan menimbulkan kerusakan seperti rambut kusut dan mudah patah.

Pilih Jilbab Yang Menyerap Keringat

Sebaiknya pilihlah dan pakai jilbab dengan bahan yang dapat menyerap keringat, karena dengan mengenakan jilbab dapat menyebabkan kondisi kulit kepala dan rambut menajadi keringat. Salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih, sebaiknya sahabat memilih jenis jilbab yang dapat menyerap keringat, seperti jilbab berbahan kaos atau katun.

Hindari Jilbab Berwarna Gelap Jika Rutinitas Terkena Matahari

Hindarilah memakai jilbab berwarna gelap apabila rutinitas anda di luar ruangan saat siang hari. Karena jilbab berwarna gelap akan lebih cepat menyerap cahaya matahari, sehingga dapat menyebabkan lembab pada sekitar kepala dan rambut.

Cara Merawat Rambut Wanita Berjilbab dengan Mengistirahatkan Rambut

Saat anda berada dikamar dan tidak mengenakan jilbab, sebaiknya istirahatkan rambut dengan membiarkan tanpa mengikat rambut anda. Berilah kesempatan rambut untuk bernapas, selain lebih menyegarkan dan mengurangi kelembapan kulit kepala, akan terhindar dari kerontokan dan ketombe.

Memilih Jepit Rambut yang Tepat

Sebaiknya mulai sekarang, untuk menghindari penggunaan jepit rambut dengan bahan metal. Karena ikat rambut berbahan metal akan membuat rambut menjadi rapuh dan patah-patah. Pilihlah jepit ramput atau ikat rambut dari bahan plastik atau karet berbahan lembut.

Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Setelah perawatan dari luar di optimalkan, sebaiknya perhatikan juga perlunya perawatan dari dalam. Cara merawat rambut wanita berjilbab dari dalam bisa saja dengan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya dengan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi yang dapat membetikan nutrisi secara alami bagi rambut. Kacang-kacangan, bayam dan pisang juga sangat berguna.